Senin, 02 Juli 2018

Tehnik Jadi Dj Yang Handal


Tehnik Jadi Dj Yang Handal : Tugas seorang DJ selain menghibur orang yaitu Mixing sebuah lagu. Mixing yaitu mencampur sebuah lagu dari satu lagu ke lagu yang berikutnya, baik menggunakan Piringan Hitam, CD, ataupun Laptop.

Sebagai seorang DJ, kita harus dapat mengekspresikan cita rasa dalam memainkan sebuah musik. Jadi saat kita melakukan mixing, antara satu lagu dengan dengan lagu berikutnya supaya terdengar harmonis, dan tidak berantakan. Itu merupakan seni seorang Disc Jockey, yang memperlihatkan karya seninya dengan mencampur-campurkan lagu tanpa henti dan memberi daya tarik pada pengunjung  lewat lagu yang dimainkan. Untuk menguasai teknik mixing, seorang DJ harus menguasai tehnik dan keterampilan pada alat yang di mainkan karena itu sangatlah berpengaruh terhadap kemampuan Mixing seorang DJ.

Berikut ini saya akan jelaskan tehnik dasar Mixing :

1. Beat & Clap

Setiap lagu memiliki dasar pada ketukan / beat dan itu merupakan patokan untuk menyelaraskan ketukan dengan lagu yang kita mainkan. Untuk bisa mengenal ketukan setiap lagu, coba dengarkan ketukan drum pada setiap lagu itu itu sama dengan beat, Beat pada setiap lagu biasanya terdengar beda-beda dan terbagi menjadi dua yaitu Beat dan Clap. ketukan tersebut biasanya terdengar : Duk Tak Duk Tak Duk Tak atau Duk Ces Duk Ces Duk Ces.

Duk itu yang kita jadikan sebagai ketukan yang pertama biasa di sebut beat dan Tak atau Ces merupakan ketukan yang di sebut Clap

2. Speed Hunting

Speed hunting merupakan tehnik untuk menyamakan BPM (Beat Per Minute) / ketukan lagu yang akan dimainkan setelahnya. BPM merupakan jumlah beat atau ketukan dalam satu menit dan ini sebuah standar ukuran kecepatan dalam sebuah lagu. Sebenarnya ada alat yang khusus digunakan untuk menghitung BMP yaitu Vestax BMP Counter. Namun alat tersebut jarang di gunakan oleh seorang DJ. Cara menghitung BMP yaitu dengan cara menghitung beat atau ketukan selama 30 detik, lalu hasilnya di kali dua, maka terdapat BMP pada lagu tersebut.

Cara melakukan speed hunting yaitu dengan menggeserkan atau dengan menarik pich control pada turntabel atau CDJ supaya ketukan kedua lagu tersebut sama atau selaras. Biasanya untuk mempercepat tempo pich yang ada pada turntabel diturunkan kebawah. Sedangkan jika ingin memperlambat tempo kita dapat menaikan pitch pada turntabel, jadi apabila perbedaan tempo lagu terlalu jauh maka tidak bisa di samakan.

3. Menghitung Menggunakan Bar Mix

Setelah kita mempelajari beat & clap dan speed hunting, maka taksulit untuk melakukan Beat Mixing. Beat Mixing merupakan tehnik menggabungkan kedua musik yang sedang di mainkan dan akan dimainkan.

Supaya musik yang selanjutnya dimainkan terdengar halus dan harmonis maka kita harus mempelajari teknik Beat mixing, maka  mulailah pada beat awal ketika lagu yang sedang dimainkan terdengar beat atau duknya juga. Kita harus bisa mencari celah untuk melepaskan beat awal, pada lagu celah yang paling cocok biasanya pada saat irama musiknya saja yang terdengar itulah saat yang tepat untuk melepas beat awal. Biasanya sebuah lagu mempunyai intro maupun outro yang bisa di jadikan sebagai celah untuk memulai / melepas beat awal atau mengakhiri sebuah lagu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar