Kamis, 12 Juli 2018

3 Hal Penting Yang Harus Dipelajari Jika Ingin Jadi Dj


3 Hal Penting Yang Harus Dipelajari Jika Ingin Jadi Dj : Mulailah dari dasar. Menjadi DJ mengharuskan Anda untuk melakukan jauh lebih banyak daripada hanya memainkan lagu. Mempelajari menyusun panggung, melakukan mixing secara spontan, dan membuat orang-orang berdansa, dimulai dengan dek DJ Anda. Anda bisa berinvestasi dengan membeli pengeras suara (speaker) yang lebih besar, monitor, pengontrol MIDI, antarmuka audio, mikrofon, serta berbagai tambahan lainnya di kemudian hari. Hal ini tergantung pada ambisi Anda dalam menjadi DJ, tetapi saat ini, yang Anda butuhkan adalah perlengkapan DJ standar, yang mencakup:

Dua turntable atau pemutar CD

Mixer dengan 2 saluran

Headphone

Pengeras suara

Perangkat lunak untuk keperluan mixing (opsional)

Tentukan apakah Anda akan memainkan musik analog atau digital. Perlengkapan DJ tradisional menggunakan turntable untuk memainkan rekaman vinyl, tetapi sekarang penggunaan perlengkapan digital dengan CD semakin umum ditemui. Kedua tipe perlengkapan ini punya kelebihan dan kekurangannya sendiri, tetapi sangat efektif untuk bermain musik dan menjadi DJ.

Perlengkapan analog akan memampukan Anda menjalani profesi DJ dalam cara yang paling tradisional, dengan mempelajari keahlian-keahlian DJ sesuai cara pengembangannya: menggoreskan stylus pada sebuah piringan vinyl. Anda harus mengumpulkan koleksi rekaman vinyl untuk bermain, sehingga cara ini mungkin agak mahal.

Perlengkapan digital membuat Anda bisa menjalani profesi DJ dengan lebih praktis, dan proses belajarnya akan jauh lebih singkat. Sebagai contoh, mempelajari teknik beat-match dan transisi, akan jauh lebih mudah dengan penghitung BPM dan sistem perangkat lunak.

Pertimbangkan membeli paket perangkat lunak untuk keperluan mixing. Serato Scratch atau Traktor adalah program-program berkualitas yang bisa membaca semua format musik dan memilih lagu melalui antarmuka program komputer. Pioneer dan Numark juga menawarkan berbagai produk yang mungkin ingin Anda pertimbangkan. [1]

Program-program ini akan memampukan Anda mengakses perpustakaan MP3 pada kandar keras (hard drive) Anda, untuk melengkapi pilihan CD serta piringan vinyl Anda. Sering kali, program-program ini menawarkan fungsi live looping dan scratching, delay dan reverberation, pengontrolan real-time, serta opsi-opsi video dan karaoke.

Ableton adalah sebuah program yang mengizinkan Anda untuk menyambungkan pengontrol mixing melalui kabel USB dan beroperasi dalam cara yang lebih klasik. Program ini bagus untuk pemula dan ramah untuk kantong.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar