Jumat, 06 Juli 2018

Musik Membuat Anak Jadi Bisa Membaca Lebih Baik


Musik Membuat Anak Jadi Bisa Membaca Lebih Baik : Musik telah lama disebut-sebut sebagai respon emosional yang diilhami Tuhan kepada manusia. Sekolah menggabungkan kelas musik lebih awal karena dampak positifnya pada proses belajar. Selama beberapa generasi, bermain musik telah dikaitkan dengan kinerja tes IQ yang lebih baik, suasana hati dan tingkat konsentrasi yang lebih baik, dan keuntungan belajar di dalam kelas. Ilmuwan terus menemukan hubungan antara musik dan otak.

Salah satu aspek dari hubungan itu adalah "perbedaan neurofisiologis" - yaitu, respons otak terhadap suara tertentu. Belajar dan terlibat dalam musik dapat menyebabkan otak merespon suara orang yang mungkin hanya mendengar tanpa Anda disadari. Bagi anak-anak, jenis "perbedaan neurofisiologis" ini dapat meningkatkan kemampuan membaca, yang mengarah pada kinerja akademik yang lebih baik.

Sambil menghabiskan waktu mendengarkan musik yang hebat, secara aktif terlibat dalam musik seperti belajar memainkan alat musik atau bernyanyi dengan paduan suara secara dramatis meningkatkan manfaat bagi otak Anda. Sebuah studi oleh "Laboratorium Neuroscience Auditory" Northwestern University, menunjukkan bahwa bahkan; di antara mahasiswa musik yang terlibat, kehadiran yang lebih tinggi dan partisipasi kelas menyebabkan pemrosesan saraf yang lebih baik.

Implikasi dari penelitian ini dan lainnya sangat penting pada saat pendanaan seni dan pendidikan sering menjadi sumber perdebatan. Terlepas dari apa yang mungkin dikatakan oleh para pakar, pendidik dan keluarga dapat menangani masalah ini dengan tangan mereka sendiri dan mendukung anak-anak mereka dalam pelajaran musik. Dan bertentangan dengan kepercayaan lama bahwa musik klasik memberi lebih banyak manfaat daripada jenis musik lainnya, studi Northwestern University dan lainnya menunjukkan bahwa genre tidak terlalu penting. Jadi, apakah anak Anda lebih menyukai Bach, Bieber, atau Black Sabbath, semuanya baik untuk otak mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar