Kamis, 02 Agustus 2018

Seni Sebagai Hiburan


Seni Sebagai Hiburan : Dalam hal ini tidak ditekankan pada sebuah misi melainkan untuk hiburan dan tontonan warga saja sehingga tidak ada unsur-unsur yang mengikat. Seni yang menghibur adalah pertunjukan yang bisa memberikan kesenangan pada seseorang ataupun kelompok.

Dalam catatatan sejarah, sebelum meratanya Televisi di Indonesia kala itu hanya ada sebuah dagelan wayang golek dan wayang orang sebagai media hiburan. Semakin majunya teknologi seperti tv acara hiburan masyarakat tersebut sekarang sudah jarang ditemukan.
Fungsi Seni bagi Masyarakat Modern

Kedudukan seni bagi masyarakat modern berkembang sesuai dengan kebutuhan masyarakat modern  yang sangat beragam. Dalam berbagai sisi kehidupan dapat kita jumpai berbagai pertunjukan dan karya seni yang mengundang sebagai magnet terbesar dalam kehidupan. Tanpa seni bagaikan masakan tanpa bumbu terasa hambar dan tidak jelas.

Dalam catatan akademis , bagi masyarakat modern fungsi seni dapat dibetuk kedalam beberapa bagian yaitu :

Sebagai ekspresi diri

Manusia diciptakan dengan beragam keunikannya , kecenderungan seni sebagai aktualisasi diri merupakan bentuk dari semboyan seni untuk seni ( I art pour I art ). Hal ini merupakan salah satu bentuk kebebasan berekspresi bagi masyarakat dan tidak ada yang bisa melarangnya selama aktualisasi tersebut tidak bertentangan dengan budaya dan agama yang dianut.

Sebagai Pendidikan

Salah satu unsur menyampaikan pesan moral dapat menggunakan seni sebagai medianya , sehingga wajar saja seni sebagai media pendidikan yang merupakan unsur ataupun elemen yang harus dipelajari. Seorang pendidik ataupun pecinta seni harus bisa mengetahui karakter siswa dalam mengeskpresikan dirinya karena proses pembelajaran biasanya lebih cepat mengalami kemajuan berdasarkan mood mereka dan hal ini bisa dipelajari dan diterapkan melalui seni.

Seni Sebagai Insdustri

Seni digunakan dalam dunia industri untuk mendukung suatu produk yang dibuatnya. Media sosial dan multi media bagi masyarakat modern merupakan sesuatu yang lumrah. Kebutuhan seni dalam hal ini sebagai media promosi untuk menarik minat calon pembeli.

Di televisi dapat kita lihat tayangan iklan menggunakan desain menarik dengan backgroundnya adalah nama dan jenis produk. Atau juga dalam pamflet dan spanduk banyak kita lihat dan hal itu merupakan bentuk seni dalam industry sebagai media pendukung promosi sebuah produk.

Seni sebagai Terapi

Tidak semua orang mempunyai permasalahan yang sama , masalah yang timbul terlalu dipendam dalam akan mengakibatkan seseorang mengalami tekanan batin dan kemunduruan dalam hal lain. Maka terapi atau pengobatan tersebut bisa dilakukan melalui seni , sebagai contoh senam yoga yang dipercaya bisa membuat pelakunya rileks.

Seni sebagai komersial

Tujuan utama seseorang kadang berurusan dengan uang/komesil dan bisa didapatkan melalui seni. Sebuah karya seni baik musik,rupa dan sebagainya selagi menarik minat pembeli maka akan mendatangkan keuntungan bagi keduanya. Yang sekarang lagi marak adalah graffiti,musik dan mural yang bisa dihargai sangat mahal bisa puluhan hingga ratusan juta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar