Selasa, 14 Agustus 2018

Musik Mampu Memperbaiki Kehidupan Seseorang


Musik Mampu Memperbaiki Kehidupan Seseorang : Ingin mengetahui kepribadian seseorang? Selera musiknya bisa menjawab hal itu. Akan tetapi, kekuatan musik tidak hanya untuk mengungkap kepribadian seseorang. Musik justru memiliki kekuatan untuk mempengaruhi kepribadian.

Berikut ini adalah kekuatan musik yang bisa digunakan untuk memperbaiki hidup seperti dikutip dari Time berdasarkan penelitian ilmiah.

Musik bisa membuat relaks

Anda ingin bersantai? Hindari musik pop dan jazz. Dengarkan musik klasik untuk membuat tekanan darah turun hingga ke level normal dalam waktu singkat.

Musik marah bisa meningkatkan performa Anda

Banyak orang yang berpikir marah adalah hal buruk. Namun, emosi itu juga memiliki kegunaan positif. Kemarahan bisa membuat fokus lebih tinggi dan menjadi lebih optimis untuk mencapai tujuan. Ketika subjek penelitian mendengarkan musik sembari bermain gim, mereka mendapatkan nilai yang lebih tinggi.

Musik mengurangi sakit

Musik memiliki kemampuan untuk meningkatkan toleransi dan kendali atas stimulus rasa sakit. Musik juga bisa menurunkan tingkat kegelisahan.

Musik membuat olahraga lebih baik

Peneliti menemukan, performa seseorang yang mendengarkan musik yang disukai ketika berolahraga lebih baik ketimbang ketika mendengarkan musik yang tidak disukai. Peneliti juga menemukan, musik bisa meningkatkan intensitas berolahraga.

Musik bisa menyelamatkan nyawa

Peneliti dari Universitas Illinois John Hafner menggelar uji coba pada 15 mahasiswa untuk melakukan latihan CPR. Ternyata, dengan mendendangkan lagu Stayin' Alive dari Bee Gees, performa para mahasiswa kedokteran itu menjadi lebih baik.

Musik bisa memperbaiki kinerja

Apakah musik di kantor membuat Anda bekerja lebih baik atau justru membuat Anda tidak fokus? Hal ini merupakan isu yang berada dalam perdebatan.

Untuk beberapa hal, musik justru menurunkan kinerja namun bisa membuat seseorang lebih bahagia di kantor. Meski begitu, musik secukupnya bisa membuat seseorang menjadi lebih kreatif. Bagi seseorang yang memiliki gangguan ADHD, musik bahkan bisa membuatnya menjadi lebih fokus.

Musik membuat pintar

Banyak penelitian yang menunjukkan pelajaran musik dapat meningkatkan tingkat intelektualitas. Akan tetapi, peneliti menemukan musik klasik memiliki kekuatan yang lebih besar untuk meningkatkan kekuatan otak.

Musik membuat seseorang menjadi lebih baik

Bermain musik bisa membuat seseorang menjadi lebih penyayang. Venezuela bahkan membuat pelajaran musik wajib dilakukan di sekolah. Hasilnya, tingkat kriminalitas menurun dan anak yang putus sekolah menjadi lebih sedikit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar